Hewlett-Packard pernah berusaha menyaingi iPad, saat menghadirkan tablet TouchPad. Tapi kemudian, TouchPad gagal di pasaran. Di bawah kepemimpinan CEO saat itu, Leo Apotheker, HP mengibarkan bendera putih.

Walau begitu, HP di bawah kepemimpinan CEO Meg Whitman menyatakan tidak menyerah. HP pun dilaporkan siap merilis tablet di akhir tahun ini, yang akan berbasis Windows 8.

Whitman pun mengatakan HP akan mengerahkan segala upayanya dalam memberikan perlengkapan dan layanan terbaik untuk segmen bisnis.

"iPad itu dahsyat, saya punya satu," kata Whitman dalam percakapan di panggung sebelum bertemu dengan wirausahawan dan eksekutif dalam sebuah acara yang diadakan Wall Street Journal di Silicon Valley.

"Saya menggunakan perangkat ini untuk membaca buku atau menonton. Tapi, saya tidak menggunakannya untuk pekerjaan sebenarnya," ucap Whitman.

Whitman mengatakan HP siap merilis tablet baru yang dikhususkan untuk keamanan, produktivitas, dan kompatible dengan jaringan bisnis. "Ada tren besar untuk BYOD (Bring Your Own Device) dalam bekerja, yang tentunya bagus jika tidak ada gangguan keamanan," tutur Whitman.

Ucapan Whitman tersebut merujuk tingginya penggunaan perangkat mobile dalam bekerja, terutama iPad dan iPhone. "Kami memberikan alternatif," ucap Whitman.

HP memutuskan terjun di pasar tablet tahun lalu dengan memperkenalkan TouchPad. Tablet ini menjalankan sistem operasi WebOS yang merupakan bagian dari pembelian Palm oleh HP sebesar US$ 1,2 miliar pada 2010. Tapi, produk ini dianggap gagal, dan tak laku di pasaran.

Manajemen akhirnya berjanji membuat WebOS yang tersedia untuk komunitas open source, pada September lalu. Ini berarti para pengembang di mana pun dapat menggunakannya, dan sistem operasi itu tersedia secara gratis.

Kantor Pusat HP di Palo Alto, California, meninggalkan rencananya untuk membuat smartphone dan komputer tablet dengan menggunakan platform itu.


sumber: teknologi.vivanews.com