Saat ini, Facebook tengah disibukkan dengan gugatan dari Yahoo. Yahoo menuduh Facebook melakukan pelanggaran 10 hak paten. Sebagai perusahaan internet yang telah berdiri dalam waktu lama, Yahoo memiliki sekitar 3.300 hak paten.


Facebook dinilai perlu memperkuat diri dalam soal paten, terutama karena akan segera menjadi perusahaan publik yang menjual sahamnya. Dan seiring popularitasnya yang makin tinggi, Facebook sendiri mengakui makin rentan digugat. 




"Kami perkirakan klaim paten dan properti intelektual melawan kami akan semakin tumbuh," kata Facebook belum lama ini.


Facebook membeli 750 paten dari perusahaan teknologi IBM. Pembelian paten ini dalam rangka memperkuat Facebook melawan gugatan hukum yang cukup sering menerpa raksasa sosial media tersebut. Terakhir, Facebook digugat oleh Yahoo.


Paten dari IBM meliputi berbagai macam teknologi software dan networking. Tidak disebutkan berapa jumlah dana yang dikeluarkan Facebook untuk mendapatkan paten IBM. Kemungkinan di kisaran ratusan juta dollar.


Facebook memang baru mempunyai portofolio paten yang relatif kecil jumlahnya. Dikutip detikINET dari PCMag, Sabtu (24/3/2012), Facebook memiliki sekitar 502 paten terdaftar di Amerika Serikat.



homepage:siphemamahnyaqiral.blogspot.com