Basis produksi produk Apple memang berada di China, namun bukan berarti perangkatnya bisa sukses di negara itu. iPhone justru harus menerima kenyataan pahit karena kalah dari Android di China.

Menurut firma asal Beijing, Analysys International, pertumbuhan Android memang sangat pesat di Negeri Tirai Bambu, tercatat separuh lebih atau sekitar 68,4% market share ponsel cerdas adalah perangkat berbasis OS besutan Google.



Angka ini merupakan lompatan besar bagi si 'Robot Hijau', sebab tahun lalu jumlah pangsa pasarnya masih sekitar 33,6%. Ini artinya ada peningkatan dua kali lipat selama setahun.

Dilansir GSM Arena, Selasa (17/4/2012), iPhone dengan market 5,7% justru harus puas di bawah Symbian yang menguasai pangsa pasar sebanyak 18,7%. Sedangkan Windows Phone di tempat keempat dengan 1,2% dan BlackBerry hanya 0,1%.

Salah satu alasan mengapa Android begitu merajai tidak terlepas karena harga iPhone sangat mahal ketimbang perangkat Android. Apalagi vendor lokal seperti Huawei yang mampu memenuhi kebutuhan kelas menegah ke bawah.