Telepon seluler (ponsel) dapat dikatakan sudah bukan barang mewah lagi. Pemakaian ponsel menjadi mewabah, tidak hanya dipakai oleh orang kantoran tapi juga pedagang keliling bahkan anak sekolah.



Hampir setiap tahun muncul jenis baru ponsel yang menawarkan fitur baru, mulai dari berbagai suara deringan, berbagai ikon-ikon atau permaianan baru. Perusahaan operator jaringan selular juga berlomba dalam memberikan layanan andalannya seperti teknologi pengiriman data, akses internet, atau tarif yang bersaing.





Bagi Anda yang berencana membeli ponsel baru dan sedang mencari operator seluler serta jenis layanannya maka yang terpenting diperhatikan bahwa buatlah perencanaan ponsel yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Dalam memilih jenis ponsel, jangan berdasarkan atas banyaknya fitur meski gratis karena sebagain besar fitur kemungkinan tidak Anda perlukan.

Pendapat Ken McEldowney dari Consumer Action patut disimak, "jadilah pelanggan yang berpendidikan." Ketahuilah terlebih dahulu apa yang Anda inginkan sebelum menginjak lantai toko sehingga Anda tidak terpengaruh oleh bujuk rayu sang pedagang.


Setidaknya ada tiga pertanyaan yang harus Anda jawab sebelum memulai pencarian ponsel dan operator selular:


1. Dalam sebulan, berapa menit pembicaraan yang Anda lakukan dengan ponsel?

2. Berapa kali Anda akan melakukan pembicaraan SLJJ atau sebeara sering Anda melakukan perjalanan ke luar kota?


3. Apakah ponsel akan digunakan hanya di wilayah perkotaan, atau hanya di wilayah luar kota, atau keduanya?



Pertanyaan pertama untuk mengetahui jenis layanan apa dari operator seluler yang cocok untuk Anda. Biasanya, bagi yang tidak terlalu sering membuat panggilan dengan ponsel memilih jenis layanan prabayar. Jika pemakaian pulsa hanya 100 ribu hingga 200 ribu perbulan, layanan prabayar lebih efektif ketimbang menjadi pelanggan yang harus membayar biaya abodemen selain biaya pulsa.


Pertanyaan kedua dapat menjadi acuan dalam memilih operator jaringan yang membebaskan biaya roaming. Atau jika sering berpergian maka memilih layanan pascabayar lebih menghemat uang. Sebelum memutuskan menjadi pelanggan pacabayar, baca dan pahami dengan jelas semua detail kontrak sehingga Anda tidak merasa dirugikan di kemudian hari.


Usahakan untuk tidak menanda tangani kontrak jangka panjang, rencanakan dan evaluasi keanggotaan Anda setiap enam hingga 12 bulan. Anda tidak mengetahui mungkin saja ada tawaran yang lebih baik datang sewaktu-waktu.



Pertanyaan ketiga, berkaitan dengan jenis ponsel yang cocok untuk medan yang Anda akan hadapi. Jika ponsel hanya akan dipakai di wilayah perkotaan maka jenis digital adalah yang tepat. Sedangkan, jika ponsel kebanyakan digunakan di wilayah luar kota maka jenis analog yang lebih efektif. Namun, jika kedua tempat sama seringnya Anda berada, maka pilih ponsel yang memiliki kedua teknologi, baik digital dan analog.


Untuk memperbandingkan berbagai merek ponsel dan berbagai operator seluler, tanyakan kepada keluarga, teman atau tetangga Anda. Pengalaman tentunya guru yang paling baik. Belajar dari pengalaman orang lain kita akan mendapat yang terbaik.