Setelah berbulan-bulan rumor spesifikasi banyak beredar, kini Samsung Galaxy SIII resmi diluncurkan. Sekilas smartphone ini memperlihatkan kecantikannya. Inilah impresi pertama superphone Android andalan Samsung seperti dikutip dariTechdigest.tv.

Desain

Samsung Galaxy SIII tampak lebih langsing dan lebih ringan. Ukuran 136,6 x 70,6 x 8,6 mm dengan 133 gram muat dalam saku. Samsung memberikan pilihan warna putih dan biru.

Layar

Kejernihan layar 4,8 inci Super AMOLED HD bisa Anda nikmati. Tampilan resolusi 1280x720 piksel mengeluarkan warna cerah dengan kepadatan piksel mengesankan, 309ppi. Retina Display iPhone punya saingan.

Interface

Samsung kembali menggunakan antarmuka TouchWiz UI. Slogan "Terinspirasi oleh Alam" terlihat di sini. Tombol pengunci virtual live lockscreen tampak seolah gelombang air yang beriak pada ponsel Anda. Suara tetesan air menyapa saat Anda membuka kunci layar.

Sistem Operasi

SIII memuat versi terbaru Android 4.0. Notifikasi yang dapat ditarik kebawah dan penataan layar yang dapat disesuaikan jumlah fitur widget menjadi fitur standar Ice Cream Sandwich. Bar aplikasi utama pada bagian bawah kini memuat lima aplikasi, serupa Samsung Galaxy Note.

Hemat Baterai

Samsung telah memenuhi Galaxy SIII untuk menonjolkannya dibanding ponsel Android lain. Fitur inovatif yang menghemat baterai, Smart Stay menggunakan kamera depan untuk melacak pandangan mata Anda. Peredupan layar terjadi seketika Anda berpaling. Cahaya tetap terjaga terangnya ketika pandangan Anda terkunci menatap layar, seperti saat membaca e-book.

Rival Siri

Siri iPhone 4S mendapat tantangan dari S Voice. Aplikasi pengenalan suara ini dapat membantu pencarian web, mengatur pengingat pada kalender, dan mengecek berbagai informasi seperti cuaca hanya dengan berbicara kepada SIII.

NFC ala Android

Fitur S Beam memanfaatkan teknologi NFC dengan meningkatkan performa Android Beam. Benturkan dua Galaxy SIII untuk memindahkan konten secara instan. Sayang, hanya berlaku sesama SIII.

Prossesor

Prosesor 1.4GHz quad-core menjalankan fitur ponsel dengan mulus dan cepat. Kendati kecepatan dan kecerahan layar dapat menguras baterai.

Memori
Galaxy SIII ditawarkan dengan kapasitas penyimpanan 16, 32, dan 64 GB. Slot microSD dapat mendukung hingga 64 GB, membuat SIII lebih fleksibel dari iPhone. Masih ada dukungan tambahan komputasi awan Dropbox sebesar 50 GB yang menyaingi pemberian HTC.

Konektivitas

Galaxy SIII dapat menyambungkan koneksi internet dengan WiFi a/b/g/n. Teknologi baru Bluetooth 4.0 dan konektivtas 4G LTC juga menjadi keunggulan SIII.

Performa Samsung Galaxy SIII mampu mengantarnya menjadi raja Android baru dari Samsung. Tinggal menunggu kedatangannya di Indonesia.