Keanehan bisa saja terjadi di alam semesta ini. Meskipun kita dibuat terheran-heran dengan berbagai keanehan yang kita dengar dari alam, keanehan alam selalu ada di sekitar kita. Segala hal yang terjadi di alam semesta ini terkadang sulit untuk dipahami oleh akal kita, seperti misalnya anak matahari yang sebenarnya adalah efek bias dari atmosfer yang mengelilingi bumi atau fatamorgana yang terlihat di gurun pasir serta hujan es dan sebagainya.



Apa pun itu, keanehan yang terjadi di alam tidaklah terjadi semata-mata, tetapi pasti ada hukum sebab akibat. Peristiwa-peristiwa alam yang aneh seringkali kita dengar, bahkan saksikan sendiri, baik yang ada dalam negeri sendiri maupun di luar negeri. Peristiwa alam yang menurut kita aneh tersebut karena terjadi di luar dari gejala alam yang tidak biasa sebagaimana yang sudah kita pahami.


Seperti jika terlihat mendung, berarti akan turun hujan. Di pesisir, begitu beranjak waktu alam, angin laut akan berembus dan air laut akan menguap jika diterpa cahaya matahari. Atau fenomena bumi mengelilingi matahari dan sebagainya. Kejadian yang tampak aneh bagi sebagian orang merupakan peristiwa yang terjadi di luar gejala alam yang kita amati tersebut.

Gejala Alam di Luar Kebiasaan Alam yang Terjadi di Sekitar Kita

Bukan saja manusia yang memiliki kebiasaan yang aneh atau di luar batas kewajaran. Alam pun kerap menunjukkan berbagai bentuk keanehan yang sebagian masih menjadi misteri. Kita tidak perlu takut atau khawatir akan terjadi sebuah bencana atau pertanda sesuatu yang hebat akan terjadi, terkait dengan peristiwa alam ini.
Sebagian besar keanehan yang terjadi itu memang pada sadarnya bersumber dari alam itu sendiri. Tetapi, kita tidak mengetahuinya. Keanehan alam ini bisa juga dikatakan sebuah bentuk gejala alam yang belum kita ketahui atau memang baru terjadi. Kita juga harus ingat bahwa bumi ini semakin tua dan mengalami perubaha, dan bukan tidak mungkin keanehan itu merupakan bagian dari perubahan yang dialami oleh bumi kita.
Jadi, keanehan yang terjadi di alam itu jangan kita kaitkan dengan sesuatu yang berbau mistis atau terjadi karena kekuatan gaib. Kita harus meyakini bahwa yang terjadi di alam semesta ini terkait dengan hukum sebab akibat. Semakin usia bumi bertambah, semakin sering kita melihat banyak peristiwa tidak biasa di dalamnya. Padahal, itu bukanlah sesuatu hal yang aneh. Hanya saja, terjadi di luar kebiasaan. Bukankah hal-hal yang di luar kebiasaan itu bisa dikatakan sebagai keanehan?
Tetapi, keanehan bukan berarti akan membawa dampak buruk bagi kita. Keanehan yang diakibatkan alam ini yang sering terjadi dan hal ini menunjukkan bahwa alam juga memiliki mekanisme hidupnya sendiri. Sama halnya dengan orang yang memiliki cara hidup yang berbeda-beda, begitu juga dengan alam yang memiliki cara hidupnya sendiri.

Keanehan Alam yang Sulit Kita Temui

Keanehan alam yang terjadi di bumi kita ini sebagian ada yang bisa kita temui dan lihat dengan kasat mata, tetapi ada juga yang tidak. Contohnya seperti terjadinya pelangi beberapa saat setelah hujan turun. Fenomena ini bisa kita lihat dan amati bagaimana terjadinya. Kemudian, ada gerhana matahari atau gerhana bulan yang bisa kita lihat dan prediksi kapan terjadinya, dan masih banyak peristiwa alam lainnya yang di luar kebiasaan.
Namun, ada juga beberapa peristiwa yang termasuk keanehan alam yang terjadi di bumi kita dan sulit kita temui. Keterbatasan kita sebagai manusia dalam mengamati bumi, bisa menjadi sebab mengapa ada beberapa keanehan alam yang sulit kita temui. Bahkan, keanehan alam tersebut termasuk keanehan yang sulit dicerna oleh akal kita.
Namun, kita tidak perlu merasa takut atau menjadi paraniod dengan keanehan yang terjadi di alam tersebut. Mau tahu keanehan alam apa saja yang sulit untuk kita temui? Berikut beberapa keanehan alam yang sulit atau jarang kita temui.

1. Moonbows atau Pelangi Bulan

Biasanya, pelangi yang sering kita temui atau lihat adalah rainbows yang muncul pada saat hujan akan reda. Nah, ini ada yang namanyamoonbows atau pelangi bulan. Pelangi bulan ini terjadi disebabkan cahaya matahari yang menyinari tetesan-tetesan air embun. Pelangi bulan ini terjadi pada atmosfer setelah hujan turun.
Meskipun terjadi karena ada pengaruh air embun, bukan berarti pelangi ini terjadi pada pagi hari, justru pelangi ini hanya terjadi pada malam hari. Kita bisa melihat pelangi bulan ini di Air Terjun Cumberland, Kentucky AS.

2. Sabuk Venus

Sabuk venus ini merupakan peristiwa alam yang tidak biasa, berupa fenomena yang muncul ketika senja yang berdebu bersamaan dengan munculnya sekumpulan langit yang berwarna kemerahan dan kecokelatan di antara langit dan cakrawala.

3. Awan Noctilucent

Awan noctilucent ini merupakan awan yang sangat tinggi. Awan ini bisa terjadi karena adanya pembiasan cahaya pada waktu senja ketika matahari telah tenggelam pada atmosfer, sehingga menyinari langit berupa cahaya yang tidak tampak.

4. Aurora Borealis

Peristiwa alam yang aneh dan sulit untuk ditemui selanjutnya adalah aurora borealis. Aurora borealis ini merupakan partikel bermuatan listik yang didapat dari matahari ketika matahari sudah berada dibagian teratas atmosfer bumi. Aurora ini sering kali terlihat di daerah dekat kutub dan terjadi pada waktu siang dan malam sama panjang.

5. Awan Pyrocumulus

Selain awan noctilucent ada lagi keanehan alam yang ditunjukkan oleh awan, yaitu awan pyrocumulus. Awan ini merupakan fenomena yang terjadi karena terbentuknya panas yang meluas dari suatu daerah, sehingga membentuk awan pyrocumulus. Panas yang menjadi penyebab awan ini bisa berasal dari panas gunung berapi, kebakaran hutan, serta ledakan nuklir mushrom clouds.

6. Virga

Virga termasuk fenomena unik alam yang terjadi pada saat kristal es yang ada dalam awan jatuh, tetapi sebelum jatuh menyentuh tanah kristal es tersebut menguap. Bentuk virga ini menyerupai ekor atau seperti jejak-jejak awan yang seolah-olah menggapai permukaan tanah bumi. Pada saat tertentu, virga ini bisa terlihat berupa awan yang mirip ubur-ubur.

7. Green Ray

Nama lain dari green ray ini adalah green flash. Keanehan alam yang satu ini muncul sangatlah singkat dan terjadi pada saat sebelum matahari benar-benar tenggelam serta pada saat setelah matahari terbit, dikarenakan pembiasan cahaya di atmosfir. Keanehan ini berupa kilatan atau cahaya berwarna hijau yang letaknya di atas matahari dan terjadi begitu singkat, hanya beberapa saat saja.

8. Bola Petir

Mendengar namanya saja mungkin membuat kita sedikit bergidik. Fenomena keanehan alam ini merupakan fenomena yang sangat langka terjadi. Fenomena ini terjadi melibatkan petir atau kilat yang berbentuk bola, tetapi bergerak lebih lambat dari kilat normal. Bola petir ini bisa memiliki ukuran sebesar 8 kaki, dan bisa menimbulkan kerusakan parah terutama bila mengenai bangunan.

5 Keanehan Alam dari Beberapa Negara

Setiap daerah atau negara seringkali mengalami kejadian alam yang cukup unik. Berikut ada lima kejadian alam yang terbilang aneh yang terjadi di beberapa negara.

1. Badai Abadi Venezuela

Badai ini teradi di Venezuela, tepatnya di Maracaibo berupa halilintar atau petir yang terjadi di langit. Badai ini tingginya bisa lebih dari 5 kilometer, dan terjadi selama 140 sampai 160 malam dalam setahun.

2. Hujan Ikan di Honduras

Di Honduras, pernah terjadi hujan ikan yang antara bulan Mei dan Juli. Peristiwa alam yang aneh ini terjadi bermula dari munculnya awan hitam yang diikuti oleh petir, angin ribut, dan hujan yang sangat lebat selama dua sampai 3 jam.

3. Hujan Merah di Kerala

Hujan berwarna merah ini terjadi di Kerala, India, pada tanggal 25 Juli sampai 23 September 2001. Fenomena alam yang aneh ini berhubungan dengan meteor jatuh dan spora-spora yang berterbangan dari alga lokal yang sangat subur.

4. Black Sun di Denmark

Black sun ini terjadi satu setengah jam sebelum matahari terbenam berupa berkumpulnya jutaan burung jalak Eropa yang disebut dengan Sturnus Vulgaris, yang membentuk formasi yang menakjubkan. Keanehan alam ini terjadi pada bulan Maret sampai pertengah bula April.

5. Pelangi Api di Idaho

Keanehan alam ini disebut juga dengan busur Circumhorizon dan terlihat pada saat matahari sedang tinggi di langit, serta cahayanya menembus melalui awan-awan cirrus yang tinggi terang yang berbentuk kristal.