Berbicara soal manusia ajaib, akan terbayang di dalam benak kita seorang manusia dengan kemampuan luar biasa yang tidak dimiliki oleh orang pada umumnya. Berbicara soal manusia yang ajaib, akan terbayang pula di dalam benak kita sosok manusia super, seperti yang ditampilkan di layar bioskop atau layar televisi, yaitu Spiderman, Superman, The Hulk, dan sebagainya.



Namun, apakah benar bahwa manusia yang ajaib hanya orang-orang yang diberikan kemampuan lebih oleh Sang Pencipta? Apakah benar manusia yang ajaib adalah orang-orang yang dapat berubah menjadi makhluk lain dan dapat mengangkat mobil dengan mudah? Mari kita telusuri siapa sosok yang pantas disebut sebagai manusia ajaib.

Mainstream Manusia Ajaib

Pola pikir mengenai manusia ajaib pada waktu kita masih kanak-kanak adalah sesosok manusia yang dapat terbang, menghilang, mempunyai pedang sakti, dan dapat mengalahkan monster jahat. Hal tersebut menjadi mainstream pada diri kita hingga hari ini, sehingga kita selalu bermimpi untuk menjadi seorang pahlawan super yang akan menyelamatkan dunia dari monster jahat.


Pada kenyataannya, monster jahat tidak ditemukan di muka bumi ini. Satu-satunya monster jahat di dunia ini adalah manusia itu sendiri. Lihat siapa yang membunuh ratusan umat Islam di Bosnia, Chechnya, Palestina, Afghanistan, dan Iraq? Manusia jawabannya.
Jadi, monster itu tidak selalu bertanduk dan berwajah buruk. Monster yang sesungguhnya bisa jadi tampan dan memiliki pendidikan yang tinggi, tapi hawa nafsunya yang membuat mereka menjadi monster yang lebih berbahaya dari pada monster Ksatria Baja Hitam.


Manusia ajaib juga sering diartikan sebagai sosok yang memiliki kekuatan supranatural, seperti meramal dan menggerakkan benda dari jarak jauh. Hal ini terlihat pada film X-Men, di mana Xavier adalah seseorang yang mampu membaca pikiran dan menggerakkan benda tanpa menyentuhnya atau telekinesis.


Banyak orang yang tenggelam pada mainstream ini, sehingga mereka ingin sekali mendapatkan kekuatan tersebut dengan cara berlatih atau mungkin dengan meminta bantuan makhluk gaib.
Padahal, meminta kekuatan kepada makhluk gaib sama halnya dengan tidak mensyukuri apa yang telah Allah berikan kepada kita. Hal tersebut dapat jatuh ke dalam kategori syirik, apalagi jika ilmu hitam yang didapatkan sekedar untuk membanggakan diri di hadapan orang lain, hal tersebut seperti mencuri selendang Allah.


Atau terkadang, terbayang dalam benak kita bahwa manusia ajaib adalah sesosok alien yang turun ke muka bumi dengan wajah pucat dan tubuh kecil. Karena organ tubuhnya yang sering digambarkan menyerupai manusia, mereka pun dipanggil manusia ajaib oleh kita. Padahal, benar atau tidaknya terdapat alien di luar angkasa, hanya Allah yang mengetahui.
Mainstream yang terbentuk saat kita mendengar manusia ajaib adalah manusia yang memang benar-benar ajaib dan kita belum pernah melihatnya secara langsung. Padahal, manusia yang ajaib yang disebarkan oleh media hanyalah sebatas kreatifitas dan imajinasi manusia yang liar.


Spiderman contohnya. Bagaimana mungkin seorang manusia memiliki DNA seperti laba-laba, sehingga ia dapat memanjat tembok dengan mudah dan meloncat dari satu bangunan ke bangunan yang lain?
Spiderman memang tampak keren di dalam layar lebar. Namun, jika kita bayangkan di dalam kenyataan, tentu atap rumah kita dan gedung-gedung perkotaan akan penuh dengan jaring laba-laba.  Jadi, sungguh masih menjadi pertanyaan, siapa sesungguhnya yang pantas dikatakan sebagai manusia yang ajaib?

Kita Adalah Manusia Ajaib

Menjawab pertanyaan soal manusia ajaib sebenarnya merupakan hal yang mudah, sebab kita semua adalah manusia yang ajaib. Mengapa kita dikatakan sebagai manusia yang ajaib? Sebab memang Allah menciptakan kita dengan kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda.


Mari kita bandingkan diri kita dengan hewan. Kita dapat memikirkan kejadian terjadinya alam semesta hingga sangat detil. Sementara hewan, mereka hanya mengerti makan, kawin, dan tidur. Pikiran mereka tidak sekompleks pemikiran kita dalam memikirikan suatu hal. Inilah yang menjadikan kita sebagai makhluk yang ajaib.


Terdapat beberapa penjelasan mengapa kita pantas disebut sebagai manusia ajaib, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Dapat menyelesaikan masalah tanpa kekerasan.

Salah satu kehebatan kita di dalam kehidupan nyata adalah menyelesaikan masalah dengan jalan diplomasi. Bayangkan bagaimana kita dapat menyelesaikan masalah yang sangat rumit hanya dengan berdiskusi dengan teman atau keluarga tanpa harus menonjolkan kekerasan.


Berbeda dengan hewan yang selalu mencoba menunjukkan taringnya untuk membuktikan siapa yang terkuat, kita dapat menyelesaikan masalah hanya dengan otak kita. Oleh karenanya, jika ada seseorang yang selalu menyelesaikan masalah dengan kekerasan, maka ia sama saja seperti singa atau serigala yang menampakkan taringnya hanya untuk menunjukkan siapa yang berkuasa.


Contoh lainnya, Anda dapat temukan dalam film atau novel "Sherlock Holmes", di mana Holmes selalu mencoba menyelesaikan masalah dengan pikirannya. Sesekali ia jatuh kepada perkelahian, tapi ia lebih sering menyelesaikan masalah dengan isi kepalanya. Ini adalah satu bukti mengenai manusia ajaib.

2. Lebih kuat dari Spiderman atau Superman.

Kita lihat bagaimana seorang prajurit pasukan khusus dapat menjadi sangat kuat dan cerdas hanya dengan berlatih dan terus berlatih. Pasukan khusus adalah kesatuan tentara yang dilatih untuk lebih kuat dari tentara biasa dan berpikir lebih cerdas untuk dapat mengalahkan musuh dalam waktu yang sesingkat mungkin.


Selain itu, pasukan khusus juga dilatih untuk melakukan hal-hal yang tidak mungkin dilakukan oleh orang biasa, seperti terbang. Pasukan khusus Amerika Serikat diketahui telah membuat suatu teknologi yang memungkinkan tentaranya untuk terbang seperti Superman.
Contohnya telah ada pada film "Transformers 3", di mana para anggota pasukan khusus terbang tanpa parasut dengan pakaian yang telah dirancang khusus untuk dapat terbang lebih senyap.


Di samping itu, pasukan khusus mungkin dapat lebih kuat dari Spiderman karena selalu melatih dirinya agar bertubuh kekar dan keras, sehingga tidak mudah rubuh jika harus turun dalam perkelahian. Contoh gambaran pasukan khusus adalah Punisher, seorang tokoh dalam komik Marvel yang kuat.

3. Daya tahan yang luar biasa.

Seekor penguin akan cepat mati jika dibawa ke Indonesia, begitupun seekor orang utan, ia pun akan cepat mati jika harus dibawa ke Alaska. Namun, hal itu tidak terjadi pada manusia. Manusia memiliki kemampuan untuk bertahan di segala medan, entah itu medan bersalju, medan gurun, medan hutan, dan medan lainnya.
Manusia memiliki kelebihan di dalam dirinya untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Oleh karenanya, pantas jika disebut sebagai manusia ajaib.

4. Kemampuan menyembuhkan diri.

Jika berbicara soal kemampuan menyembuhkan diri, kita sering terbayang, seperti Hulk atau Venom yang dapat memulihkan dirinya sendiri setelah terluka. Padahal, manusia sebenarnya memiliki kemampuan tersebut.


Pada saat terluka, sel-sel darah di dalam tubuh akan bekerjasama untuk menutupi luka tersebut dan menggantinya dengan sel yang baru. Kita tidak seperti robot yang akan hancur permanen, tapi kita dapat memulihkan diri kita sendiri walaupun membutuhkan waktu untuk mendapatkan hasil yang optimal.



Terlepas dari itu, kita harus memikirkan keajaiban yang diberikan Allah tersebut kepada kita. Bayangkan, jika kita tidak mampu memulihkan diri setelah terluka, goresan kecil pada tubuh pun dapat menyebabkan kematian karena kehabisan darah. Ini satu bukti lagi bahwa kita pantas disebut manusia ajaib.

5. Perasaan

Hal yang juga ajaib dari ‘pemprograman’ manusia adalah soal perasaan. Kita adalah makhluk yang dapat berubah hanya dengan perasaan. Padahal, kita sendiri tidak dapat mendeskripsikan wujud kongkrit perasaan tersebut, tapi kita bisa berubah karenanya.  


Kita pun dapat membedakan perasaan cinta dan benci, padahal kita tidak pernah melihat ‘wajah’ keduanya. Inilah kemampuan ajaib kita, hanya dengan perasaan, seorang tentara akan berhenti menembak. Hanya dengan perasaan, seorang lelaki akan melakukan hal bodoh untuk wanita. Hanya dengan perasaan, seorang ibu mau memberikan apa yang kita inginkan.
Jadi, kurang ajaib apa diri kita? Semua keajaiban telah ada di dalam diri kita. Oleh karenanya, jadilah diri Anda sendiri karena Allah telah menciptakan kita lebih dari manusia ajaib yang ada di televisi.


Manusia super seperti yang ditampilkan di layar bioskop atau layar televisi, seperti Spiderman, Superman, The Hulk, dan sebagainya.
Namun, apakah benar bahwa manusia ajaib hanya orang-orang yang diberikan kemampuan lebih oleh Sang Pencipta? Apakah benar manusia ajaib adalah orang-orang yang dapat berubah menjadi makhluk lain dan dapat mengangkat mobil dengan mudah? Mari kita telusuri siapa sosok yang pantas disebut sebagai manusia ajaib.