Setiap kali ada gejala alam yang terjadi, seringkali kita merasa heran, apalagi jika yang terjadi adalah fenomena matahari dalam jagad raya kita. Jagad raya adalah daerah diluar jangkauan bumi yang biasa kita sebut dengan alam semesta atau antariksa, dan matahari bisa disebut sebagai benda antariksa. Fenomena adalah sebuah kejadian atau peristiwa. Jadi, fenomena matahari adalah semua kejadian atau peristiwa yang berkaitan dengan matahari.



Fenomena matahari yang sangat terkenal pada awal tahun 2012 adalah fenomena badai matahari. Hampir semua berita koran, internet dan televisi menyiarkan kejadian alam tersebut. Fenomena badai matahari diakibatkan oleh ledakan besar di matahari dan ledakan ini mengirim milyaran ton  mataharmaterial tak bermuatan yang disebut plasma ke luar angkasa pada kecepatan lebih dari satu juta mil per jam.


Namun jangan terlalu kuatir, fenomena matahari yang satu ini hanya mengganggu sinyal dan listrik serta cuaca mengalami sedikit kenaikkan suhu alias makin panas sedikit dari hari-hari biasa. Intinya dampak badai matahari ini, hanya berakibat terganggunya sistem komunikasi dan tidak akan membuat peradapan manusia punah. 


Ada yang mengatakan bahwa efek cuaca panas yang terjadi di berbagai tempat di seluruh Indonesia diakibatkan adanya aktivitas badai matahari. Ini tidak seluruhnya benar.


Kepala Bidang Informasi Meteorologi Publik dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika yang bernama Mulyono Prabowo mengatakan bahwa dampak atau efek dari badai matahari tidak terjadi secara langsung. Efek badai matahari akan terjadi secara gradual dan panjang. Maksudnya adalah setiap aktivitas dari badai matahari ini tidak tiba-tiba langsung menyerang bumi, melainkan bertahan dalam waktu lalu menurun dalam waktu gradul pula.


Jadi, efek badai matahari tidak bisa dikatakan terjdi dalam satu atau dua hari dan secara tiba-tiba dalam ruang terbatas. Melainkan akan berkelanjutan dari waktu ke waktu.


Masih ingatkah Anda pada Januari 2012 kemarin, kita mendapat sms untuk menjauhkan HP dan alat komunikasi lainnya pada pukul 23.00. Sebenarnya sms atau BBM yang dikirim itu hanya berita bohong belaka. Seperti penjelasan di atas bahwa badai matahari memang mengganggu sistem komunikasi khususnya satelit, tapi tidak berbahaya pada  manusia yang sedang menggunakan telpon. Sebab ketika terjadi aktivitas matahari meningkat dan terjadi ledakan di matahari, bumi akan tetap terlidungi.


Lalu apakah yang melindungi bumi? Jawabannya adalah magnetosfer atau lapisan magnet dan kita tak perlu cemas dengan radiasinya karena bumi masih dilindungi oleh atmosfer bumi.

Keindahan Fenomena Matahari

Benda langit seperti matahari memang terkadang sangat menakutkan jika mengalami peningkatan aktivitas. Bahkan, para kaum hawa ini juga takut pada sinar matahari karena radiasinya dan sinar ultraviolet yang bisa merusak jaringan kulit.
Matahari sebenarnya mempunyai sisi keindahan dan manfaat bagi makluk hidup di bumi, sebab sumber cahaya terbesar di dunia adalah matahari. Semua membutuhkan sinar matahari untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tumbuhan juga membutuhkan matahari untuk melakukan proses fotosintesis.  Berikut adalah daftar keindahan dari matahari yang pernah dideteksi oleh manusia.

1. Aurora Borealis

Kejadian ini biasanya terjadi di daerah kutub, baik siang hari maupun malam hari. Aurora diakibatkan oleh partikel bermuatan listrik dari matahari yang telah mencapai bagian teratas atmosfer bumi dan menjadi sangat aktif (karena telah hangus terbakar di atmosfer bumi).
Fenomena badai matahari yang dikabarkan beberapa waktu lalu memang mengganggu sistem komunikasi satelit yang ada di luar angkasa. Namun, dibalik semua itu ada kejadian indah, seperti yang terjadi Skoltandia dan Norwegia. Di belahan bumi bagian utara ini, terjadi fenomena Aurora Borealis. Begitu Indahnya cahaya yang dihasilkan oleh gelombang Aurora Borealis, sehingga tidak sedikit orang mengabadikan momen tersebut.

2. Halo Matahari

Peristiwa alam ini berupa keadaan matahari yang dikelilingi oleh pelangi yang membentuk cincin tebal dan bisa dilihat jelas dengan mata telanjang. Cincin yang melingkari matahari terbentuk akibat reaksi antara awan yang tinggi dengan sinar matahari. Lebih tepatnya reaksi awan stratus, yaitu pengaruh butiran-butiran air yang terbias oleh sinar matahari.

3. Sun Dog atau Anjing Penjaga Matahari

Istilah ini digunakan karena tiap kali muncul, cahaya matahari bisa ada di kiri dan kanan Halo dan biasanya bentuknya kecil dan terang. Awalnya orang mengira bahwa hari itu muncul 4 matahari di langit. Padahal, sebenarnya tidak demikian. Matahari cuma satu, tetapi pembiasan dari sinar matahari oleh kristal es membuat pandangan kita seolah melihat 4 matahari (cahaya di kiri dan kanan Halo).
Kejadian seperti ini pernah terjadi di China. Sun Dog biasanya muncul di arah dimana matahari terbit sebelum terlalu jauh dari horizon atau kaki langit. Fenomena matahari seperti ini bisa terjadi dimana saja, asal ada kristal-kristal es yang membiaskan cahaya. Kemungkinan bisa terjadi dua fenomena yaitu Halo dan Sun Dog.

4. Sun Pillar atau Pilar Matahari

Ini adalah sebuah fenomena matahari yang diakibatkan ketika matahari tenggelam memantulkan tinggi awan es pada lapisan yang berbeda. Hal inilah yang menghasilkan pilar cahaya yang tinggi menjulang hingga ke langit luas. Perlu diketahui juga bahwa fenomena pilar cahaya yang diakibatkan oleh sinar sinar matahari tersebut tidak hanya terjadi pada matahari. Bulan juga bisa mengalami kejadian yang sama, yang biasa dikenal dengan nama moon pillar.

5. Green Flash

Fenomena ini terjadi ketika matahari belum benar-benar tenggelam dan setelah matahari terbit. Biasanya kejadiannya terjadi sangat singkat. Fenomena matahari yang satu ini muncul dengan kilatan atau cahaya di atas matahari yang berlangsung begitu cepat. Hal ini terjadi akibat adanya pembiasan cahaya matahari di atmosfer bumi.

6. Rainbow atau pelangi

Adalah peristiwa dimana matahari bersinar pada tetesan-tetesan air embun yang terjadi pada atmosfer bumi. Pelangi adalah hal yang sudah lazim kita lihat. 

7. Fire Rainbow atau Pelangi Api

Fenomena matahari yang satu ini hampir mirip dengan pelangi yang biasanya kita lihat. Namun, jarang sekali terjadi peristiwa pelangi api ini. ini terjadi hanya ketika matahari sedang tinggi dan membuat sinarnya melewati awan cirrus yang tinggi pula serta membawa kristal-kristal es. Sehingga terjadilah pelangi api tersebut di langit.

8. Noctilucent Cloud atau Awan Noctilucent

Kejadian ini biasanya terjadi pada saat senja, ketika matahari telah tenggelam. Awan yang sangat tinggi di atmosfer membiaskan cahaya pada senja hari dan mengiluminasi atau menyinari langit dengan sumber cahaya yang tampak. Biasanya langit akan terlihat agak berwarna gelap, oranye, dan biru.

9. Langit Terbelah

Fenomena matahari satu ini diakibatkan oleh sinar matahari yang terhalang suatu benda, biasanya adalah awan. Sehingga sinar yang dipancarkan oleh matahari tidak sempurna dan seolah membuat belahan di langit. Peristiwa seperti ini pernah terjadi di Yogyakarta pada 2010 kemarin, dan sejumlah kota lain di luar negeri, seperti di Nebraska, Florida dan South Dakota, serta Thailand.

10. Midnight Sun atau Matahari Tengah Malam

Fenomena matahari ini terjadi pada bulan musim panas di lintang utara dekat lingkaran Artik (Kutub Utara). Dinamakan midnight sun karena matahari masih terlihat di tengah malam pada waktu lokal apabila cuaca cerah.
Biasanya di bulan Mei, daerah di belahan bumi bagian utara selalu ramai dikunjungi turis, sebab fenomena matahari tengah malam diperkirakan terjadi di bulan Juni dan Juli. Kota yang sering dikunjungi adalah Tromso, Bodo, Hammerfest, dan Nordkapp. Lalu negara yang biasanya mengalami fenomena alam adalah Kanada, Denmark (Greenland), AS, Swedia, Norwegia (Svalbard), Finlandia (seperempat wilayahnya berada di utara lingkaran artik), Rusia, dan Islandia.


Bahkan di beberapa daerah kutub, matahari akan tampak terus selama 6 bulan (tidak ada pergantian siang dan malam), matahari hanya terbit dan tenggelam setahun sekali. Matahari yang berada di atas ufuk akan terus bergerak di sekitar ufuk dan mencapai ketinggian tertinggi saat titik balik matahari pada musim panas.


Itulah 10 fenomena matahari yang ada. Yang mana yang sudah Anda lihat?