Selama beberapa waktu media online termasuk blog banyak sekali yang membahas rumor kehadiran penyimpanan online versi Google yang berbasis komputasi awan (cloud computing) yang disebut Googe Drive. Melalui blognya, pada tanggal 25 April 2012, akhirnya Google menyampaikan informasi resmi tentang peluncuran Google Drive. Untuk tahap awal, Google memberikan fasilitas penyimpanan 5 GB gratis, selanjutnya user bisa menambah kuota penyimpanan dengan biaya yang sudah ditentukan seperti 15 GB dengan biaya $2,49/per bulan, 100 GB dengan biaya $4,99/per bulan atau 1TB dengan biaya $49,99 per bulan.


Masih menurut blog resmi Google, layanan Google Drive terintegrasi dengan semua paket layanan Google seperti Google Docs, penyimpanan foto, video bahkan OS dengan perangkat Android, Gmail dan masih banyak lagi. Untuk pengguna Android program Google Drive juga sudah bisa didownload. Layanan Google Drive sangat bermanfaat sekali karena bisa menyimpan dan membuat lebih banyak dokumen secara leluasa.


Manfaat apa saja yang bisa kita raih dengan hadirnya Google Drive?

1. Penyimpanan Data Online
Yang pasti kehadiran Google Drive memberikan kesempatan bagi kita untuk memberikan alternatif tempat penyimpanan data. Data adalah aset yang sangat berharga yang harus dilindungi dan dirawat. Media penyimpanan yang sering dipakai saat ini adalah Flash drive, Harddisk, atau CD/DVD. Dengan hadirnya media penyimpanan online maka keberadaan data akan bisa akses dimanapun dengan catatan harus ada akses internet tanpa repot membawa media penyimpanan data.Kelemahan penyimpanan data online adalah ketergantungan kita dengan jaringan internet. Untuk wilayah Indonesia, tidak semua tempat memiliki akses internet yang memadai. Beberapa sahabat saya mengeluhkan lemotnya akses internet, sehingga tidak jarang membuat user frustasi.

2. Sarana berbagi file.
Keuntungan lain media penyimpanan online adalah adanya feature untuk berbagi data tersebut dengan orang lain, contohnya Google Doc. Dengan Google Doc kita bisa membuat sebuah tulisan yang file tersebut bisa dishare dengan teman-teman sehingga kami bisa saling bekerja sama tanpa harus bertemu tatap muka. Walhasil pekerjaan pun menjadi cepat selesai.Keuntungan lain yang bisa dinikmati adalah bisa upload semua dokumen office ke Google Doc, sehingga tidak perlu kawatir dokumen tersebut hilang. Dengan menu upload semua dokumen bisa kita pindahkan ke Google Doc dengan cepat. Folder pun bisa kita buat layaknya seperti menggunakan komputer biasa. Dengan pelayan Google Drive, space penyimpanan menjadi lebih banyak sehingga dokumen yang bisa diupload atau dibuat akan lebih banyak pula. Dengan Google Doc user tidak perlu instal word processornya, cukup masuk ke Google Doc. Keberadaan Google Doc membuat user hemat karena tidak perlu install software word processor ke komputer.Lepas dari keuntungan penggunaan layanan penyimpanan data online, satu hal yang harus menjadi perhatiaan adalah keamanan akun kita. Kita harus pintar-pintar proteksi keamanan akun tersebut. Kita harus sadar jika satu akun di Google dipergunakan untuk akses semua feature yang ditawarkan Google. Jadi password dan username adalah satu pasang kunci sakti yang harus dijaga baik-baik.

Disadur dari: subekti.com