Monetizing itu berasal dari kata money yang artinya uang. Jadi, blog monetizing adalah menjadikan blog kita sebagai sumber pendapatan. Bukan pasif income karena tetep aja kita harus berusaha kalo pengen dapet duit. Hanya usahanya sedikit beda.

Secara bahasa, monetizing dapat diartikan sebagai “konversi ke uang”. Secara general artinya adalah konversi ke uang, intinya kegiatan yang ujung-ujungnya dapat menghasilkan uang. Itu lingkup luasnya, biasanya kata monetizing lebih di sering kita dengar yang berkaitan dengan internet, blog, dan semacamnya. Jadi disini artinya, kegiatan mengkonversi blog kita menjadi uang. Secara gampang dapat diartikan sebagai suatu kegiatan di blog yang bertujuan untuk mendapatkan penghasilan dari sana.


Bagaimana caranya?
Kalau masalah cara, ada banyak sekali. Salah satunya bisa dengan membuka toko online. Jadi situs/bog anda di sulap menjadi toko online, sehingga bila ada penjualan berarti sudah ada penghasilan, artinya blog anda sudah bisa mengkonversi menjadi uang.

Cara yang lainnya adalah dengan affiliasi, yaitu menjualkan produk orang lain. Dan kalau terjadi penjualan, kita akan mendapatkan komisi. Ini cara kerja nya mirip dengan toko online, tetapi ini anda Cuma menjualkan produk orang lain. Kalo toko online biasanya anda menjual produk milik anda sendiri.
Cara yang lainnya lagi misalnya dengan menyediakan space di blog/situs untuk iklan. Artinya kita menyewakan space di situs/blog untuk iklan. Tentunya trafic blog harus tinggi agar ada pihak yang mau pasang iklan di blog anda.


Sebenarnya masih banyak lagi cara-cara untuk internet monetizing, lain kali mungkin akan kita bahas jenis-jenisnya secara lebih detil.

 
Seseorang yang bergelut dalam bidang web/blog monetizing biasanya disebut sebagai publisher. Kalo yang masang iklan biasa disebut advertiser. Contoh usaha sebagai publisher adalah mendatangkan sebanyak-banyaknya pengunjung ke web/blog kita. Dengan demikian, kemungkinan orang mengklik iklan yang dipasang adalah semakin banyak.

Intinya dalam web/blog monetizing, kita membantu para advertiser untuk mempublikasikan bisnis mereka. Caranya? Dengan memasang link-link mereka di web/blog kita. Ada beberapa web yang menyediakan iklan berbayar. Yang paling terkenal tentunya Google Adsense