JANGAN TUNDA-TUNDA PEKERJAAN


"Ngomong sih gampang. Nyatanya, pekerjaan saya bertumpuk-tumpuk," begitu mungkin komentar Anda membaca judul di atas. Sebetulnya, mengikuti anjuran itu banyak manfaatnya, kok. Apa saja?



1. Semua pekerjaan itu penting
Agar Anda tidak menunda-nunda pekerjaan, anggap semua pekerjaan Anda penting. Dengan begitu, Anda akan mengerjakan semua tugas tersebut saat ini juga. Ingat, jangan sampai terlewat detail-detail yang perlu Anda kerjakan. Pekerjaan yang penting biasanya juga sangat terkait dengan banyak orang, terutama rekan kerja dan atasan. Bisa juga dikatakan mempengaruhi "nasib" orang lain, baik itu rekan kerja, atasan, maupun pelanggan Anda. Jadi, dengan mengerjakannya tepat waktu, berarti Anda tidak mengecewakan orang lain. Bahkan, Anda bisa membuat rekan kerja maupun pelanggan merasa puas karena kepentingan mereka terpenuhi tepat pada waktunya.


2. Kesempatan tak datang dua kali
Kesempatan biasanya hanya datang sekali. Nasihat ini sebaiknya Anda perhatikan. Pasalnya, kesempatan baik biasanya sangat langka. Jadi, sekali kesempatan datang, segera sambarlah. Jangan ragu dan jangan sampai Anda rugi karena mengabaikannya. Siapa tahu, pekerjaan yang harus Anda kerjakan saat ini adalah langkah awal untuk mendapat penghargaan atau bonus dari perusahaan. Dengan pertimbangan bahwa kesempatan tidak datang duakali, Anda akan mengerjakan tugas Anda saat ini juga. Namun, jangan pula mengabaikan kecermatan agar pekerjaan Anda tetap oke.


3. Menjaga kepercayaan
Menjaga kepercayaan yang diberikan kepada Anda memang gampang-gampang susah. Untuk membuktikan bahwa Anda sanggup menjaga kepercayaan yang diberikan rekan kerja, atasan, maupun perusahaan, salah satunya adalah dengan tidak menunda-nunda pekerjaan! Tugas yang harus diselesaikan hari ini, kerjakan hari ini juga. Dengan begitu, orang lain akan melihat bahwa Anda bekerja dengan benar.
Juga, Anda akan selalu dipercaya. Bahkan, kepercayaan yang diberikan bisa jadi lebih besar.

4. Efisiensi
Alasan lain kenapa Anda harus mengerjakan tugas saat ini juga adalah efisiensi. Setiap perusahaan pasti membutuhkan "kata sakti" itu. Anda pun sudah seharusnya ikut andil menciptakan efisiensi, termasuk melalui tugas yang harus Anda kerjakan "saat ini juga". Semakin singkat waktu yang Anda perlukan untuk menyelesaikan suatu tugas, banyak hal yang bisa Anda peroleh. Misalnya, biaya produksi yang semakin kecil. Dengan tidak menunda-nunda pekerjaan, Anda ikut andil menciptakan efisiensi perusahaan.

5. Ritme kerja
Tidak menunda-nunda pekerjaan juga bisa memperlancar ritme kerja Anda, sehingga Anda akan lebih mampu menghasilkan kinerja yang optimal. Nah, jika ini menjadi dasar pikiran Anda, tentu Anda tak bakal menunda-nunda pekerjaan. Dengan mematuhi ritme kerja, pekerjaan Anda juga tidak menumpuk. Anda juga enjoy dan jauh dari stres yang tidak perlu. Jadi, tugas hari ini, kerjakan hari ini juga. Jangan biarkan ritme kerja Anda kacau. Di samping merugikan diri sendiri, rekan kerja pun akan terganggu.


6. Mengurangi masalah
Mengerjakan tugas sesuai waktunya juga akan mengurangi masalah. Pasalnya, bisa saja terjadi, dengan menunda pekerjaan, masalah baru akan muncul. Anda pasti tidak mengharapkan hal ini terjadi, bukan? Bisa-bisa pelanggan mengeluh, rekan kerja marah-marah, dan Anda makin stres. Untuk itu, hindari situasi-situasi sulit baru, kerjakan tugas Anda saat ini juga bila memang harus selesai saat ini. Kurangi masalah, agar karier Anda "aman-aman saja"


7. Ketenangan
Tidak menunda-nunda pekerjaan juga akan membuat Anda tenang. Anda tidak lagi dibebani pekerjaan yang telah Anda selesaikan atau kerjakan saat ini juga. Ketenangan Anda, akan membuat ide, pemikiran, maupun rencana ke depan semakin fokus. Bahkan, Anda mampu menciptakan kinerja yang luar biasa buat diri Anda, rekan kerja, dan perusahaan. Jadi, bangunlah ketenangan diri dengan mengerjakan tugas saat ini juga. Jadi, jangan tunda-tunda lagi

8. Menunjukkan kualitas diri
Kualitas Anda dapat dilihat dari cara Anda mengerjakan tugas. Apakah Anda suka menunda pekerjaan atau mengerjakannya sesuai target menjadi cermin, seberapa kualitas Anda. Jika Anda "menelantarkan" tugas yang harus diselesaikan saat ini, bisa jadi kualitas Anda akan dipandang sebelah mata. Mengabaikan waktu bisa berakibat kurang baik, misalnya pada ritme kerja. Jadi, tunjukkan kualitas diri Anda dengan mengerjakan tugas tepat pada waktu. Tugas saat ini, selesaikan saat ini pula.


9. Menghargai deadline
Bekerja tepat waktu, berarti Anda menghargai deadline Anda maupun deadline perusahaan. Akibat yang ditimbulkan bila Anda melanggar deadline bisa bermacam-macam, dari tumpukan pekerjaan, biaya produksi membengkak, kinerja tim terganggu, bahkan pelanggan yang "menyerang" bertubi-tubi. Jadi jagalah ritme dan kekompakan tim, dengan mengerjakan tugas tepat waktu. Hargai deadline, agar Anda enjoy dan kinerja perusahaan makin oke.


10. Prioritas Utama
Bila pekerjaan Anda termasuk yang diprioritaskan, jangan ditunda pengerjaannya. Apalagi tugas yang bisa menarik minat pelanggan. Jangan sampai Anda terpancing untuk menunda-nundanya. Meski sulit, tetap usahakan dikerjakan "saat ini juga".


11. Kebanggaan
Suatu kebanggaan bila Anda bisa mengerjakan tugas tepat pada waktunya. Anda juga akan lebih menghargai diri Anda. Anda pun akan lebih menyadari bahwa diri Anda adalah orang yang peduli dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Untuk itu, Anda patut berbangga diri. Tapi tentu bukan kebanggaan yang menjerumuskan, lho. Jadi, kerjakan tugas Anda saat ini juga, jangan ditunda. Kebanggan pada diri akan membuat rasa percaya diri terjaga.


12. Persembahan
Pekerjaan Anda adalah karunia. Bayangkan, bila Anda tidak memiliki aktivitas. Mungkin Anda bengong, dan selalu bertanya, "bermaknakah hidupku ini?" Timbal balik dari karunia yang Anda terima, kerjakan tugas dengan baik. Anggaplah pekerjaan Anda sebagai suatu persembahan kepada diri sendiri, rekan kerja, dan perusahaan. Nah, salah satu wujud persembahan itu adalah dengan tidak menunda-nunda pekerjaan.
Kerjakan pekerjaan dengan cepat, tepat, serta cemat. Apa yang harus Anda kerjakan saat ini, kerjakan saat ini juga. Dengan selalu menganggap bahwa pekerjaan Anda adalah persembahan terbaik Anda, kecil kemungkinan Anda akan mengabaikan tugas yang Anda terima. Akibat positifnya, Anda akan mengerjakan semua tugas dengan sungguh-sungguh.

13.Pelayanan Pelanggan
Di dunia bisnis manapun, pelayanan kepada pelanggan merupakan hal penting yang harus. Karena itu, kerjakan segera semua hal yang berhubungan dengan pelanggan. Ingat, pelanggan adalah raja, yang tak bakal mau bersabar menunggu Anda bekerja "berlama-lama". Mereka tentu juga tak mau membuang waktu dan biaya percuma. Jadi, jangan kecewakan mereka. Layani pelanggan dengan sebaik-baiknya melalui kinerja Anda, yakni menyelesaikan pekerjaan saat ini juga.


14. Cermin untuk sukses
Hal terakhir yang perlu Anda ingat, apa pun yang Anda lakukan, jadikan sebagai "cemin" untuk sukses. Dengan demikian, Anda tidak akan pernah berpikir untuk mengabaikan pekerjaan. Selain itu, Anda juga akan lebih terfokus untuk mengerjakan tugas saat ini dengan sebaik-baiknya. Anda tidak akan menunda-nunda pekerjaan dan selalu mengerjakan pekerjaan hari ini dengan semangat hari ini juga.

0 komentar:

Poskan Komentar

Mohon tinggalkan komentar dengan baik. Komentar bernada spam akan saya hapus

Yang Paling Dicari

Dewa Post

Internet