Memiliki teman pastilah sangat menyenangkan. Anda bisa berbagi cerita bersama, baik senang maupun sedih. Nah, ternyata manfaat memiliki banyak teman tak hanya sebatas itu. Memiliki banyak teman juga bisa bermanfaat bagi kesehatan. Mau tahu apa saja manfaatnya? Berikut diantaranya.

1) Mengurangi risiko Demensia
Memiliki kehidupan sosial yang sangat aktif dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer cukup besar yakni sekitar 70 persen, menurut temuan baru yang diterbitkan dalam Journal of International Neuropsychological Society.
2) Membuat Anda tetap fit
Riset terbaru dari peneliti asal Australia yang dipublikasikan dalam International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity menemukan bahwa teman atau sahabat memiliki pengaruh langsung terhadap tingkat aktivitas fisik dan kebiasaan makan.
3) Mengasah Otak Anda
Menjalin komunikasi yang baik dengan teman melalui chatting atau jejaring sosial media akan mendorong fungsi kognitif Anda. Hal ini seperti layaknya memecahkan teka-teki silang, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Michigan, AS.
4) Meningkatkan kesehatan jauh lebih baik
Memiliki relasi yang saling mendukung dapat menunda proses penuaan. Riset terbaru dari Brandeis University menemukan bahwa jaringan sosial yang kuat – terutama bila dikombinasikan dengan latihan fisik – dapat menunda penurunan kesehatan hingga sepuluh tahun.
5) Hidup lebih lama
Hubungan yang kuat dengan teman dan keluarga dapat meningkatkan peluang Anda untuk tetap bertahan hidup sekitar 50 persen, menurut penelitian terbaru para ilmuwan dari Brigham Young University.
Dan karena itu perbanyak teman anda sampai akhir hayat anda, dan dapatkanlah teman yang baik yang bisa membuat anda lebih baik, bukan mencari teman yang berprilaku negatif.