Afiliasi adalah cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk, dengan bergabung menjadi pemasar produk (affiliate marketers), dan dibayar ketika produk terjual. Contohnya seperti situs amazon, clikbank dll.
Jika masih bingung dengan penertian diatas, coba pahami sistem kerja berikut ini;


Coba lihat cara kerja afiliasi dalam penjualan mobil bekas. Misalnya, jika Anda ingin menjual mobil, kemudian teman Anda membantu mencarikan pembeli. Ketika transaksi pembelian berhasil terjadi berkat bantuan teman Anda, sudah umum jika teman Anda diberi komisi atas bantuannya tersebut. Mudah bukan dan satu lagi, pekerjaan ini sangat rendah resiko kerugian, karena Anda tidak memproduksi produk sendiri.

Ada banyak program afiliasi bertebaran yang berbeda-beda nilai komisinya.

Misalnya, kita dapat mempromosikan produk informasi dari Clickbank.com. Komisi untuk produk ClickBank biasanya 50% atau di atasnya. Dibutuhkan pembelajaran lebih lanjut mengenai sistem keanggotaan dan beberapa rule yang mereka buat.

Dan mungkin ini yang paling populer sedunia, amazon.com. Afiliasi ini memiliki segala macam produk fisik bagi anda dipersilahkan untuk mempromosikan di situs yang anda bangun. Karena overhead dan pemenuhan biaya yang berkaitan dengan produk fisik ini, maka komisi umumnya lebih rendah. Anda bisa mendapatkan sekitar 4-15% komisi tergantung pada jenis dan jumlah item yang anda jual setiap bulan. Jika kita bisa mempromosikan beberapa item dalam jumlah besar, komisinya bisa "maknyus".