CTR adalah kepanjangan dari Click Through Rate atau dalam bahasa Indonesia Rasio Klik per Tayang. Maksudnya disini adalah suatu cara untuk mengukur keberhasilan penayangan suatu iklan secara online pada suatu situs.


CTR diperoleh dengan membagi "Jumlah pengunjung web yang mengklik iklan yang tayang" dengan "berapa kali iklan itu ditayangkan" pada web tersebut.

Misalnya : Iklan muncul 100 kali tayang pada suatu situs, ada orang yang mengklik iklan itu 1 kali.  
1/100 x 100% = 1 %, Maka CTR yang dihasilkan 1 %.

Makin besar penayangan iklan pada suatu blog, berarti page-nya banyak dibuka kan? Walaupun begitu, jangan lupakan orang ataupun pengunjung blog yang meng-kliknya. Bila page penayangan iklannya sedikit namun yang mengklik iklannya banyak. Tentu mengundang kecurigaan kan?

Kebanyakan orang sering mendefinisikan CTR itu adalah "Jumlah klik" dibagi dengan "Jumlah Penayangan Iklan". Padahal arti yang sesungguhnya adalah "Jumlah Orang yang mengklik" dibagi dengan "Jumlah Penayangan Iklan". Jelas beda, karena walau klik banyak tetapi dari 1 nomor IP maka itu dianggap "Fraud Click". Hati-hati karena akibatnya akun iklan Anda bisa dibanned.